Anggaran Dasar

ANGGARAN DASAR
KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA (KABS)
BHAKTI SAMUDERA ALUMNUS CORPS (BSAC)

2009

KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
(BHAKTI SAMUDERA ALUMNUS CORPS )

VISI

  1. Menjadi wadah bagi para Alumni untuk mengembangkan potensi diri agar dapat berfikir dan berjiwa besar dalam bidang kemaritiman.
  2. Menjadi wadah bagi para Alumni dalam membangun bangsa Indonesia yang menyadari harkat dan martabat sebagai bangsa yang hidup dan harus menguasai bidang kemaritiman.
  3. Menjadi pusat pengembangan dan kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kemaritiman.

MISI

  1. Membangun dan menumbuhkembangkan kualitas masyarakat Indonesia sebagai bangsa maritim.
  2. Memanfaatkan potensi maritim bagi kesejahteraan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

PRINSIP-PRINSIP BERORGANISASI

  1. Stabilitas Organisasi
  2. Pengambilan keputusan dan penyelenggaraan Organisasi yang efisien dan efektif
  3. Disiplin Organisasi yang sesuai AD/ART
  4. Penyelenggaraan keuangan yang akuntabel

NOTES MARITIM

  1. Membangun potensi maritim Negara Indonesia.
  2. NKRI adalah Negara Maritim yang merupakan Negara kepulauan terluas di dunia melalui Korps Alumni membangun Bangsa di bidang kemaritiman.
  3. Seluruh potensi maritim dalam bidang ekonomi, industri, perdagangan, sosial, seni budaya dan ilmu pengetahuan untuk menjadi aset dalam pembangunan Bangsa Indonesia.

ANGGARAN DASAR
KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
( BHAKTI SAMUDERA ALUMNUS CORPS )

PEMBUKAAN
( MUKADIMAH )

Bahwa sesungguhnya pembangunan Nasional yang sedang dilaksanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia dewasa ini, merupakan daya upaya yang mutlak dilaksanakan secara terus menerus untuk mencapai kesejahteraan masyarakat menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera lahir bathin secara material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945.
Tenaga Pelaut Indonesia sebagai salah satu aset nasional merupakan sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan moralitas dan kualitasnya agar dalam era globalisasi, pembangunan dan pemberdayaan akan menjadi tulang punggung bagi pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan adanya upaya peningkatan kualitas tenaga Pelaut Indonesia, melalui peningkatan tanggung jawab, disiplin, etos kerja, dengan cara memiliki keterampilan dan profesi sesuai tuntutan industri kemaritiman, demi mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera lahir bathin secara material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945.
Pelaut Indonesia sepakat dan bertekad bulat untuk terus berikhtiar dalam meningkatkan kualitas, seiring dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu memperjuangkan kepentingan Pelaut Indonesia dan masyarakat Indonesia umumnya.
Untuk mencapai daya guna dan hasil guna secara optimal, maka para Alumi SKM, SPMS, SKS-3, SKIPN, SMBS dan SMKPBS SURABAYA memerlukan wahana dan sarana untuk berpartisipasi dan berprestasi.
Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan CORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA yang tangguh, kuat, berwibawa yang dibentuk dari, oleh, dan untuk para Alumni secara bebas, demokratis, mandiri dan professional. CORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA merupakan wahana dan sarana yang menjadi tumpuan harapan dari para Alumni dan keluarganya sudah saatnya mengacu dan berkiprah kepada usaha Sosial, Ekonomi, dan Budaya menuju terciptanya para Alumni yang sejahtera. Untuk terciptanya hal tersebut, setiap anggota pengurus KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA, harus adil, jujur dan terbuka kepada para alumni agar KORPS ALUMNI menjadi sarana dan wadah kebanggaan Alumni dan keluarganya.
Dengan dilandasi kesadaran, keyakinan serta loyalitas yang mendalam akan keluhuran dan kebenaran cita-cita organisasi dalam rangka mewujudkan ikatan para alumni dan keluarga yang makmur dan sejahtera demi mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera sebagai pengamalan Pancasila, maka atas berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami para ALUMNI SKM, SPMS, SKS-3, SKIPN, SPMBS dan SMKPBS SURABAYA. baik yang berprofesi sebagai Pelaut maupun yang berprofesi di bidang lain bertekad bulat untuk bergabung dalam suatu organisasi KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.

BAB I
NAMA, BENTUK, SIFAT, JANGKA WAKTU DAN KEDUDUKAN

Pasal 1
NAMA

Organisasi ini bernama KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA, disingkat “KABS”, atau dalam terjemahan bahasa Inggris adalah BHAKTI SAMUDERA ALUMNUS CORPS, disingkat “BSAC”.

Pasal 2
BENTUK

Organisasi ini berbentuk KORPS yang merupakan wadah untuk menghimpun para Alumni dalam organisasi KORPS ALUMNI, sebagaimana dimaksud dalam UU No. 21 thn 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Pasal 3
SIFAT

KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA adalah organisasi yang bersifat demokratis, independen dan profesional.

Pasal 4
JANGKA WAKTU DAN KEDUDUKAN

  1. KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA didirikan pada tanggal 5 Oktober 2008 sampai waktu yang tidak ditentukan.
  2. KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA berkedudukan di Surabaya, Indonesia.
  3. Sekretariat : Jl. Simohilir Raya No 12 TELP (031) 732.1415 Surabaya, Jawa Timur INDONESIA

BAB II
ASAS/DASAR, FUNGSI DAN KEDAULATAN

Pasal 5
ASAS/DASAR

KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA berasaskan/berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pasal 6

FUNGSI

KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA memiliki FUNGSI sebagai berikut ;

  1. Menciptakan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera lahir dan bathin secara material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945.
  2. Mewujudkan cita-cita Proklamasi sesuai jiwa pasal 27, 28 dan 33 Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Terlaksananya hubungan yang erat, baik dan harmonis dengan dunia Industri maritime guna mewujudkan tercapainya ketenangan kerja dan kelangsungan usaha untuk meningkatkan taraf hidup, kesejahteran, kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan para alumni serta keluarganya.
  4. Terciptanya kehidupan dan penghidupan para alumni yang selaras, serasi dan seimbang menuju terwujudnya tertib sosial, tertib hukum dan tertib demokrasi.
  5. Pembela dan pelindung hak-hak dan kepentingan serta penyalur aspirasi para alumni.
  6. Pendorong dan penggerak peran para Alumni, guna peningkatan kesejahteraan para Alumni dan keluarganya.
  7. Wahana peningkatan profesionalisme para Alumni dalam hal meningkatkan pendidikan dan melaksanakan hubungan dengan dunia industry maritim.
  8. Wahana pembinaan para alumni yang dapat menunjang pembangunan Nasional secara profesional, disiplin, terampil, produktif dan berwawasan Nasional.
  9. Mitra yang aktif dalam proses pengambilan keputusan politik ketenagakerjaan khususnya dalam bidang kemaritiman dan bidang lainnya serta pelaksanaan kontrol sosial.

Pasal 7
KEDAULATAN

Kedaulatan organisasi berada di tangan seluruh anggota KORPS ALUMNI dan dilaksanakan melalui musyawarah menurut jenjang organisasi.

BAB III
TUJUAN DAN KEGIATAN

Pasal 8
TUJUAN

Tujuan KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA adalah:

  1. Menghimpun demi bersatunya para alumni serta mewujudkan rasa kesetiakawanan sosial dan tali persaudaraan.
  2. Perluasan kesempatan kerja dan tersedianya lapangan pekerjaan sebanyak mungkin dengan strategi utama untuk mendapatkan kesempatan pekerjaan baik di perusahaan pelayaran maupun instansi lain yang berada di dalam dan luar negeri.
  3. Mengupayakan kesejahteraan para Alumni dan keluarganya.

Pasal 9
KEGIATAN

Dalam mencapai tujuan sebagaimana dimaksud pada pasal 8, KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan peran serta para Alumni dalam pembangunan Nasional untuk mengisi cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  2. Mengupayakan terciptanya kondisi kerja bagi para Alumni yang layak serta mencerminkan keadilan sosial dan tanggung jawab bagi para anggota untuk mempertinggi mutu keterampilan di bidang profesi kemaritiman dan bidang lainnya.
  3. Bekerja sama dengan badan-badan Pemerintah dan atau swasta, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk melaksanakan kegiatan yang tidak bertentangan dengan asas dan tujuan organisasi.
  4. Mendirikan lembaga atau badan usaha sosial, ekonomi, hukum, pendidikan dan pelatihan serta kegiatan kesejahteraan lain yang sah dan bermanfaat untuk melayani kebutuhan anggota dengan tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

BAB IV
PANJI, LAMBANG DAN LAGU

Pasal 10
PANJI

Disamping Sang Saka MERAH PUTIH sebagai bendera Nasional, KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA mempunyai panji warna BIRU LAUT sebagai dasar dengan lambang KABS di bagian tengahnya.

Pasal 11
LAMBANG

Arti dari lambang KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA:

  1. Nama organisasi KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
  2. Merupakan persatuan Alumni dari SKM, SPMS, SKS III, SKIPN, SPM BS, dan SMKP BS
  3. Warna dasar berwarna biru berarti :
    • a. Selalu meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan ilmu pengetahuan.
    • b. Mengutamakan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan lahir bathin.
  4. Gambar bintang berwarna kuning berarti dimanapun berada selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Gambar jangkar dan rantai berwarna hitam berarti dimanapun berada selalu menjaga harga diri, kehormatan dan persatuan ikatan sebagai Korps Alumni Bhakti Samudera.
  6. Gambar Kapal lengkap dengan lampu navigasi berarti bekerja secara professional taat pada hukum dan aturan.
  7. Gambar gelombang berjumlah 6 berarti Ikatan alumni dari SKM, SPMS, SKS III, SKIPN, SPM BS dan SMKP BS
  8. Bendera merah putih berarti dimanapun berada selalu memiliki rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air Indonesia.
  9. Gambar 2 buah jangkar berwarna merah berarti berani dalam bertindak dan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan kebenaran dan keadilan.

Pasal 12
LAGU

KORPS ALUMNI mempunyai lagu MARS dan HYMNE KORPS ALUMNI

BAB V
KEANGGOTAAN

Pasal 13
ANGGOTA

KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA beranggotakan seluruh alumni SKM, SPMS, SKS-3, SKIPN. SPMBS, dan SMKPBS

Pasal 14
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA

  1. Setiap Anggota KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA mempunyai hak:
    • a. Mengajukan pendapat dan saran demi kemajuan KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA, baik secara lisan maupun tertulis.
    • b. Mendapat pembelaan dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai anggota KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
    • c. Mendapat bimbingan secara profesional dari KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA2.
  2. Setiap Anggota KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA mempunyai kewajiban:
    • a. Mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Keputusan-keputusan KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
    • b. Membela dan menjunjung tinggi nama baik KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
    • c. Menghadiri rapat, pertemuan dan kegiatan KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA, bila diperlukan.
    • d. Melaksanakan Keputusan-keputusan KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.

BAB VI
SUSUNAN ORGANISASI, KEPENGURUSAN DAN WEWENANG PENGURUS

Pasal 15
DEWAN PIMPINAN PENGURUS

  1. Susunan Dewan Pimpinan Pengurus KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA terdiri dari:
    • a. Sebanyak banyaknya 5 (lima) orang DEWAN PEMBINA
    • b. Sebanyak banyaknya 5 (lima) orang DEWAN PENASIHAT
    • c. Seorang KETUA UMUM
    • d. Sebanyak banyaknya 5 (lima) orang KETUA.
    • e. Seorang SEKRETARIS JENDERAL.
    • f. Sebanyak banyaknya 2 (dua) orang WAKIL SEKRETARIS JENDERAL.
    • g. Seorang BENDAHARA UMUM.
    • h. Seorang WAKIL BENDAHARA UMUM.
  2. DEWAN PIMPINAN PUSAT terdiri dari KETUA UMUM, para KETUA, SEKRETARIS JENDERAL, WAKIL SEKRETARIS JENDERAL, BENDAHARA UMUM dan WAKIL BENDAHARA UMUM merupakan pelaksana harian KORPS ALUMNI.

Pasal 16
SUSUNAN ORGANISASI DAN KEPENGURUSAN
KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
(BHAKTI SAMUDERA ALUMNUS CORPS)

1. Tingkat Pusat di Surabaya susunan organisasi dengan pengurus pertama kalinya adalah:

DEWAN PEMBINA :

  • Ketua          : ENDANG ROSE RAHAYU
  • Sekretaris : NYOMAN KUSUMA
  • Anggota    : MARTHEN TUWATANASSY
  • Anggot      : WAWAN
  • Anggota    : DIDIK KUSPINTO

PENASEHAT :

  • Ketua : JOHAN ANDREAS SENGKEY
  • Sekretaris : RAYMUNDUS BENHUR
  • Anggota : CAP. MELLY MAKIN
  • Anggota : HONIMUS TUPEN
  • Anggota : SAKUR

PENGURUS PUSAT:

  • KETUA UMUM : UUD FATKHUROHMAN
  • KETUA BIDANG ORGANISASI : JOKO SANTOSO
  • KETUA BIDANG DIKLAT : EKO BAGUS PRAYITNO
  • KETUA BIDANG LITBANG : NADAM ZAIN
  • KETUA BIDANG DANA DAN USAHA : YUSMIANTO
  • KETUA BIDANG HUK.& HUMAS : MEI EDI PRAYITNO
  • SEKRETARIS JENDRAL : USMAN MANSYUR
  • WAKIL SEKJEN I : POESPO DWI WANTORO
  • WAKIL SEKJEN II : YAYUK SITI SUNDARI
  • BENDAHARA UMUM : PRIYONO
  • WAKIL BENDAHARA UMUM : MASLUCHAH

2. Tingkat Daerah dipimpin oleh DEWAN PENGURUS DAERAH (DPD), yang pengaturan lebih lanjut akan dimuat dalam ANGGARAN RUMAH TANGGA.

Pasal 17
WEWENANG PENGURUS

PENGURUS BERWENANG:

  1. Menetapkan kebijaksanaan umum KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
  2. Menyelesaikan perbedaan pendapat di dalam tubuh KORPS ALUMNI
  3. Dalam keadaan LUAR BIASA yang dapat membahayakan kepentingan KORPS ALUMNI maupun NEGARA, pengurus dapat mengambil tindakan terhadap anggota maupun pengurus KORPS ALUMNI.
  4. Membentuk Dewan Pengurus Daerah.
  5. Mewakili KORPS ALUMNI apabila terjadi perselisihan terhadap pihak lain, di hadapan pengadilan untuk kepentingan KORPS ALUMNI.
  6. Menetapkan honorarium pengurus secara transparan.

Pasal 18
KEWAJIBAN PENGURUS

PENGURUS BERKEWAJIBAN:

  1. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, berpedoman kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, serta semua peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  2. Memperjuangkan kepentingan dan hak-hak para Alumni dalam forum Nasional dan Internasional.
  3. Menyusun Program Umum dan Program Kegiatan Tahunan KORPS ALUMNI
  4. Penyelenggaraan keuangan dilakukan secara transparan.
  5. Mempertanggungjawabkan kegiatan dan keuangan KORPS ALUMNI dalam sebuah Laporan yang telah diaudit oleh AKUNTAN PUBLIK kepada seluruh Anggota Dewan Pengurus Daerah KORPS ALUMNI pada setiap tahun buku berakhir.

BAB VII
MUSYAWARAH DAN RAPAT KERJA

Pasal 19

  1. MUSYAWARAH TERDIRI DARI :
    • a. Musyawarah Nasional
    • b. Musyawarah Nasional Luar Biasa
  2. RAPAT KERJA TERDIRI DARI
    • a. Rapat Kerja Nasional
    • b. Rapat Kerja Tahunan
    • c. Rapat Kerja Semester
    • d. Rapat Kerja Luar Biasa

Pasal 20
MUSYAWARAH NASIONAL DAN
MUSYAWARAH NASIONAL LUAR BIASA

  1. Musyawarah Nasional diadakan 5 tahun sekali, dan dihadiri oleh :
    • a. Dewan Pimpinan Pengurus KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
    • b. Utusan Dewan Pimpinan Daerah KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
  2. Dalam keadaan luar biasa, Musyawarah Nasional dapat dipercepat apabila dikehendaki.
  3. Musyawarah Nasional Luar Biasa dapat dilaksanakan bilamana :
    • a. Organisasi KORPS ALUMNI dalam keadaan darurat atau dalam keadaan yang membahayakan kelangsungan hidup Organisasi KORPS ALUMNI
    • b. Adanya suatu keadaan yang dihadapi Organisasi KORPS ALUMNI yang mengharuskan perlunya perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
  4. Musyawarah Nasional dapat ditunda paling lambat 1 tahun atas keputusan Rapat Kerja.
  5. Musyawarah Nasional berwenang :
    • a. Menilai Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI
    • b. Menetapkan atau mengubah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
    • c. Menetapkan Program Umum Organisasi.
    • d. Membentuk Komisi Verifikasi apabila dianggap penting.
    • e. Menetapkan Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
  6. Musyawarah Nasional Luar Biasa yang memiliki kewenangan sama dengan Musyawarah Nasional dapat diselenggarakan sewaktu-waktu apabila dipandang perlu.

Pasal 21
RAPAT KERJA NASIONAL

  1. Rapat Kerja Nasional dihadiri oleh :
    • a. Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
    • b. Utusan Dewan Pimpinan Daerah KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
  2. Rapat Kerja Nasional dipimpin oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
  3. Rapat Kerja Nasional diadakan 5(lima) tahun sekalil dan bila dipandang perlu dapat diselenggarakan sewaktu-waktu.
  4. Rapat Kerja Nasional berwenang untuk :
    • a. Menilai, mengembangkan serta menyempurnakan Program Umum Organisasi.
    • b. Menetapkan keputusan-keputusan lainnya.
    • c. Apabila dipandang perlu mempercepat atau menunda Musyawarah Nasional serta dapat menetapkan pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa.

Pasal 22
RAPAT KERJA TAHUNAN

  1. Rapat Kerja Tahunan adalah Forum evaluasi, konsultasi dan informasi dalam rangka menjabarkan Program Umum Organisasi.
  2. Rapat Kerja Tahunan dihadiri oleh :
    • a. Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
    • b. Utusan Dewan Pimpinan Daerah KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA .
  3. Rapat Kerja Tahunan diadakan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.
  4. Rapat Kerja Tahunan dipimpin oleh Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA

Pasal 23
RAPAT KERJA SEMESTER

  1. Rapat Kerja Semester adalah Forum evaluasi, konsultasi dan informasi dalam rangka menjabarkan Program Umum Organisasi.
  2. Rapat Kerja Semester dihadiri oleh :
    • a. Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.
    • b. Utusan Dewan Pimpinan Daerah KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA
  3. Rapat Kerja Semester diadakan sekurang-kurangnya sekali dalam 6 (enam) bulan.
  4. Rapat Kerja Semester dipimpin oleh Dewan Pimpinan Pusat KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.

Pasal 24
RAPAT KERJA LUAR BIASA (DARURAT)

Rapat Kerja Luar Biasa (Darurat) dapat dilaksanakan bilamana diperlukan.

BAB VIII
KEUANGAN

Pasal 25

  1. Keuangan KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA diperoleh dari :
    • a. Sumbangan yang tidak mengikat.
    • b. Usaha-usaha lain yang sah.
    • c. Hibah.
  2. KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA tidak boleh meminjam dan memberi pinjaman kepada semua pihak termasuk dan tidak terbatas pada anggota.
  3. Setiap pengeluaran uang KORPS ALUMNI harus berdasarkan Anggaran Pengeluaran (Budget).

BAB IX
ATURAN PERALIHAN

Pasal 26

Perubahan Anggaran Dasar dan atau Anggaran Rumah Tangga hanya dapat dilakukan didalam Musyawarah Nasional atau Musyawarah Nasional Luar Biasa yang dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 (dua per tiga) jumlah anggota Musyawarah Nasional atau Musyawarah Nasional Luar Biasa yang seharusnya hadir, dan disetujui sekurang-kurangnya 2/3 (dua per tiga) dari anggota yang hadir.

Pasal 27

  1. KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA hanya dapat membubarkan diri apabila dikehendaki dalam Musyawarah Nasional Khusus.
  2. Apabila KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA dibubarkan atau membubarkan diri maka segala konsekuensi pembubaran tersebut menjadi tanggung jawab KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA.

BAB X
KETENTUAN PENUTUP

Pasal 28

  1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga.
  2. Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di : Surabaya
Tanggal : 5 Oktober 2008

DEWAN PIMPINAN PUSAT
KORPS ALUMNI BHAKTI SAMUDERA

KETUA UMUM                 :   UUD FATKHUROHMAN

SEKRETARIS JENDERAL  :  USMAN MANSYUR

Iklan